Android vs iOS

Aplikasi Asli Android vs iOS Mana yang harus saya kembangkan terlebih dahulu

Aplikasi Asli Android vs iOS: Mana yang harus saya kembangkan terlebih dahulu? – Antara Aplikasi Asli Android vs iOS untuk ponsel, mana yang harus saya Kembangkan terlebih dahulu untuk bisnis saya? Ini adalah salah satu pertanyaan yang diajukan oleh beberapa pemilik bisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan secara online. Hormat kami, tidak ada jawaban yang mudah untuk pertanyaan khusus ini. Namun, platform yang Anda putuskan untuk dibuat terlebih dahulu bergantung pada beberapa faktor dan lingkungan yang dapat mendorong keputusan akhir Anda. 9 faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk memilih antara pengembangan Aplikasi asli Android dan iOS untuk mengetahui mana yang harus Anda buat terlebih dahulu. Lihat outsourcing Pengembangan Perangkat Lunak Agile.

Pertama-tama, sebagai perusahaan IT, kami menyarankan Anda untuk tetap mempertimbangkan kembali beberapa faktor sebelum mengambil keputusan meskipun anggaran pribadi Anda memungkinkan Anda membuat aplikasi asli untuk semua platform yang ada seperti Android, iOS, dan Windows.

Kedua, mengembangkan aplikasi yang berbeda untuk dua hingga tiga platform secara bersamaan pasti akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang. Terutama jika tujuan utama Anda pada dasarnya adalah mengamankan klien pertama Anda.

Tergantung pada lokasi geografis Anda, Anda akan melihat jenis perangkat seluler yang digunakan orang. Di sisi lain, kebanyakan orang terbiasa dengan satu platform karena kebanyakan ponsel dapat menampung dua kartu SIM (operator jaringan seluler). Oleh karena itu, mereka cukup menggunakan perangkat mereka pada satu platform tertentu untuk mengakses apa yang mereka inginkan. Karena itu, tidak ada gunanya terus menunggu aplikasi asli Anda diluncurkan di berbagai platform perangkat sebelum Anda bisa masuk ke pasar. Demikian pula, manajemen dan pemeliharaan untuk dua hingga tiga platform secara bersamaan jauh lebih sulit. Jangan lupa bahwa biasanya ada pembaruan dan perubahan yang harus dilakukan, atau bahkan bug tak terduga yang harus diperbaiki setelah peluncuran pertama. Oleh karena itu, Anda akan setuju bahwa lebih ekonomis dan lebih sedikit memakan waktu untuk memperbaiki semuanya hanya untuk satu platform tertentu.

Sebenarnya, jauh lebih mudah untuk memulai peluncuran aplikasi Anda hanya dengan satu platform. Saat Anda mulai, Anda dapat membangun prototipe fungsional, mengumumkannya kepada audiens target Anda, memenangkan klien pertama Anda, mendapatkan semua komentar dan umpan balik mereka, dan kemudian memperbaiki semua kemungkinan masalah. Setelah Anda mungkin mencapai semua pengalaman penting dan pengetahuan teknis ini, Anda sekarang dapat memulai visi Anda untuk mengembangkan platform lain.

Secara umum, disarankan untuk memulai dengan satu platform, tetapi kembali ke pertanyaan pertama di atas, mana yang harus Anda kembangkan terlebih dahulu? Sebagai ahli, kami tidak akan mempromosikan satu platform aplikasi asli di atas yang lain, namun kami yakin untuk memberi Anda petunjuk dan beberapa faktor utama yang akan memandu Anda untuk memutuskan dan memilih satu untuk Anda sendiri/kebutuhan.

Faktor 1 – Statistik Penggunaan Aplikasi Total

Terlepas dari banyak tekanan dan fragmentasi platform yang menyertai pembuatan aplikasi seluler asli, platform Android tetap menjadi yang tertinggi dalam statistik di antara sistem operasi seluler. Juga mereka saat ini menyumbang lebih dari delapan puluh enam persen dari pangsa pasar global. Selain itu, perkembangan yang menarik ini kemungkinan akan berlanjut dalam waktu dekat.

Di sisi lain, iOS Apple menempati posisi kedua (dari statistik) di pangsa pasar global dengan sekitar dua belas persen. Namun, pengembang aplikasi iOS masih menghasilkan lebih banyak uang dengan aplikasi iOS dibandingkan dengan aplikasi Android asli konvensional.

Dari statistik global yang disorot di atas, merilis aplikasi bisnis Anda untuk perangkat Android terlebih dahulu akan memungkinkan aplikasi Anda menjangkau audiens target yang jauh lebih besar. Dengan cara yang sama, merilis aplikasi Anda di platform iOS memungkinkan Anda menjangkau audiens target yang lebih berpengaruh dengan daya beli yang lebih tinggi. Ini akan membantu Anda mendapatkan pengembalian investasi (ROI) yang lebih cepat.

Setelah menyadari informasi di atas, sekarang tahu bahwa “ada lebih banyak persamaan ini yang harus diselesaikan dengan mudah,” namun, mari kita lanjutkan. Manakah dari platform yang memiliki lebih banyak manfaat? Ini menarik.

Faktor 2 – Posisi masa depan Android dan iOS

Sejauh ada perang platform seluler antara Android dan iOS, cenderung ada pemenang yang diharapkan, tetapi menurut Anda siapa yang akan menang? Menjawab pertanyaan ini tidak mudah tetapi sejauh menyangkut proyeksi masa depan, tidak ada pemenang yang diharapkan. Seperti yang dapat dilihat, platform iOS dan Android saat ini “dalam kondisi sangat baik” dan diperkirakan tidak akan kehilangan arti penting dalam beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, membuat satu platform menguntungkan di atas yang lain, berdasarkan perkiraan, tidak signifikan sama sekali. Jadi, jika Anda memilih untuk mengembangkan salah satu aplikasi seluler asli, Anda tidak akan rugi dalam hal apa pun.

Faktor 3 – Lokasi Pasar Sasaran

iOS memiliki total pangsa pasar yang lebih kecil, tetapi terlepas dari ukurannya, ada beberapa negara di dunia di mana perangkat Apple memimpin pasar dan memiliki permintaan yang lebih besar untuk produknya. Ini adalah wilayah dengan standar hidup yang maju dan ekonomi yang maju secara teknologi seperti Eropa, Amerika, Australia, Jepang, Cina khususnya dan Asia Pasifik. Mempersempit statistik, Amerika Selatan dan Utara menghasilkan hampir dua pertiga pendapatan Apple, sedangkan China dan Eropa membantu bersaing untuk sepertiga.

Dalam semua kasus lain, platform Android memiliki pangsa pasar yang lebih besar di negara-negara berkembang dengan ekonomi yang lebih rendah seperti Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Oleh karena itu, jika Anda mengembangkan aplikasi untuk audiens yang ditargetkan di negara atau wilayah tertentu, maka Anda harus mempertimbangkan faktor ini. Sekarang platform mana yang menurut Anda lebih menguntungkan: jawab; tergantung pada lokasi pelanggan yang Anda bayangkan.

Faktor 4 – Target audiens Anda

Ini adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan yang benar-benar menaungi orang lain. Jika Anda tidak tahu audiens target Anda, itu seperti menembak membabi buta di langit. Bagi Anda untuk menemukan audiens target Anda, Anda harus tahu tujuan Anda. Anda juga harus tahu jenis aplikasi apa yang akan Anda buat, dan untuk tipe orang seperti apa, serta layanan apa yang akan dilakukan untuk mereka.

Dalam faktor ini, kami tidak akan terlalu banyak membahas secara spesifik tentang cara mengkategorikan audiens target Anda karena itu adalah artikel lengkapnya sendiri dan topik untuk posting lain. Namun, mengetahui karakteristik demografis dan perilaku dasar dari pelanggan sempurna Anda akan diberikan.

Pemirsa target dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, minat, sikap, kepercayaan, pekerjaan, pendidikan, status keluarga, dll. Misalnya, Anda tidak dapat membuat aplikasi Alkitab iOS dan mengharapkannya untuk dijual di Muslim Asia negara dan sebaliknya. Jadi, ketika Anda mengetahui pelanggan yang Anda cari, akan jauh lebih mudah untuk mengkategorikan jenis perangkat apa yang mereka gunakan.

 

Jika kami ingin memberi tahu Anda tentang audiens seluas mungkin, kami akan mengatakan bahwa Android adalah platform yang lebih disukai untuk memulai. Di sisi lain, jika audiens lebih spesifik seperti membuat aplikasi seluler asli untuk tujuan perawatan kesehatan, maka usia, jenis kelamin, dan pekerjaan pelanggan harus dipertimbangkan. Secara umum, memilih platform terbaik untuk memulai memerlukan analisis lebih lanjut dari audiens target Anda yang akan menerima produk Anda.

Faktor 5 – Membangun dan Meluncurkan Aplikasi Asli

Pengembangan dan penyebaran aplikasi Anda sangat penting. Faktanya, biaya pembuatan dan rilis aplikasi sangat bergantung pada jenis aplikasi, kompleksitas, dan fitur umum yang ada di dalamnya.

Karena platform iOS adalah sistem operasi tunggal yang berasal dari satu produsen, itu akan diluncurkan jauh lebih cepat karena kurangnya fragmentasi perangkat.

Ada entropi besar yang dibuat dengan perangkat Android dan fragmentasi sistem operasi secara signifikan mempersulit pengembangan dan pengujian untuk platform ini dan biasanya menghabiskan lebih banyak waktu dan uang. Ada lebih dari 24.000 perangkat Android berbeda dari lebih dari 1.200 produsen yang menyebabkan masalah ini. Jadi mana yang lebih baik sekarang? Ini adalah iOS.

Android vs iOS

Faktor 6 – Fitur perangkat iOS dan Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android dan Apple secara bersamaan, Anda akan melihat bahwa Android adalah sistem operasi open source. Secara keseluruhan, ia menawarkan “lebih banyak kebebasan” kepada pengguna dan pengembang pada saat yang bersamaan. Selain itu, ini menyediakan lebih banyak akses ke perangkat keras dan sistem operasi itu sendiri, yang tidak dapat diakses di perangkat iOS. iOS umumnya memiliki beberapa batasan sistem file untuk pengguna dan pengembang. Selain itu, platform Android sangat ramah dan akomodatif dalam hal pengeditan dan penyesuaian.

Faktor 7 – Model pendapatan (Pembelian dalam Aplikasi atau Iklan)

Dari analisis penggunaan perangkat, pengguna iOS umumnya memiliki Lifetime value (LTV) yang jauh lebih besar dibandingkan pengguna perangkat Android. Pengguna iOS lebih rela mengeluarkan uang untuk mengunduh aplikasi favorit mereka daripada pengguna Android yang akan menunggu versi gratis dirilis. Ini adalah alasan utama untuk memilih platform iOS jika Anda membuat aplikasi berbayar, aplikasi ritel, atau aplikasi yang akan menawarkan pembelian dalam aplikasi. Di sini, lebih baik memulai dengan iOS karena mereka lebih bersedia untuk membeli konten atau layanan tambahan di dalam aplikasi.

Namun, ada juga cara lain untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi gratis (baik Android atau iOS) seperti pendapatan afiliasi, sponsor, langganan, iklan dari Google, Yahoo, Taboola, Infolinks, dll. Oh ya! Itu secara khusus di mana audiens Android yang besar bisa berharga. Akibatnya, jika Anda berencana membuat aplikasi asli gratis dan ingin menghasilkan uang melalui iklan, maka platform Android harus menjadi pilihan yang lebih baik untuk memulai.

Faktor 8 – Meluncurkan produk Anda di Apple App Store

Lebih mudah menggunakan Google Play Store ketika meluncurkan aplikasi online karena persyaratannya lunak, sedangkan Apple App Store memiliki kebijakan yang lebih ketat dan periode persetujuan permintaan.

Pertama-tama, untuk memublikasikan aplikasi di Google Play Store yang populer, yang harus Anda lakukan hanyalah membuat akun dari halaman pendaftaran. Kemudian lakukan pembayaran satu kali sebesar $25 dolar AS, lanjutkan dan unggah aplikasi Anda yang sudah selesai dan hanya itu yang perlu Anda lakukan. Dalam beberapa jam pengguna akan dapat mengunduh aplikasi Anda.

Saat berada di App Store Apple, proses pendaftaran lebih resmi dan Anda juga harus membayar biaya tahunan sebesar $99 dolar AS. Bukan itu saja; proses penilaian aplikasi untuk aplikasi Anda biasanya memakan waktu sekitar dua minggu, dan selalu ada kemungkinan yang sangat tinggi untuk ditolak setelah ditinjau. Setelah Anda mengedit aplikasi Anda untuk memenuhi kebijakan mereka, Anda harus menunggu selama dua minggu atau bahkan lebih. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa pengembang aplikasi iOS Anda memiliki keahlian yang diperlukan dalam meluncurkan aplikasi di Apple App Store.

Faktor 9 – Loyalitas Pengguna

Mari kita bicara tentang faktor terakhir tetapi tidak sedikit. Loyalitas biasanya hadir dengan platform iOS karena pengguna Apple “terkunci” ke dalam sistem operasinya dan cenderung bertahan dengan produknya daripada pindah ke penyedia lain. Orang sering beralih dari perangkat Android ke iPhone dan iPad lebih mudah dan lebih cepat daripada sebaliknya. Misalnya, Anda dapat dengan cepat menemukan orang yang ingin menjual ponsel Android mereka untuk membeli iPhone. Dengan demikian, dengan aplikasi iOS, Anda akan dapat menargetkan audiens pasar yang mencakup lebih dari 500 juta pelanggan setia kelas atas yang daya belinya hampir tujuh kali lebih besar dari pengguna Android.

Kesimpulan

Singkatnya, saatnya untuk menyelesaikannya. Jadi menurut Anda platform mana yang terbaik untuk memulai untuk mendapatkan lebih banyak manfaat? Pilihan ada di tangan Anda setelah Anda mempertimbangkan semua faktor karena masih belum ada pemenang dalam perang platform. Platform Android dan iOS hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun ada berbagai faktor yang mendukung peluncuran aplikasi Anda terlebih dahulu di platform iOS, itu sepenuhnya tergantung pada fitur aplikasi itu sendiri.