6 Tips untuk Meningkatkan Tingkat Retensi Aplikasi Seluler

6 Tips untuk Meningkatkan Tingkat Retensi Aplikasi Seluler

6 Tips untuk Meningkatkan Tingkat Retensi Aplikasi Seluler – Menurut statista, ada lebih dari 2,7 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia. Dengan pasar yang begitu besar, tidak dapat disangkal bahwa industri aplikasi berkembang pesat. Tetapi berapa banyak aplikasi yang membuatnya lebih lama di ponsel pengguna?
Di zaman sekarang ini, meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi Anda tidaklah sulit. Tugas yang paling membosankan adalah meyakinkan mereka untuk menyimpan aplikasi Anda sampai selamanya.
Pengabaian aplikasi merajalela dalam beberapa tahun terakhir, dan begitu pengguna kehilangan kepercayaan pada Anda, kemungkinan dia untuk kembali sangat tipis.
Tak perlu dikatakan bahwa pelanggan yang sudah ada lebih mudah dipertahankan daripada mendapatkan pelanggan baru.

Kenali Pemirsa Anda

Di sinilah sebagian besar aplikasi seluler gagal. Aplikasi yang dibuat untuk membeli tiket harus digunakan untuk tujuan itu dan bukan untuk pengiriman makanan.
Jalankan survei dan periksa usia audiens target Anda, jenis kelamin, demografi, preferensi, dll. Ini akan membantu mengukur kesalahan Anda dalam mempertahankan pengguna Anda.
Dengan mengetahui audiens Anda luar dalam, Anda akan dapat membuat aplikasi yang tidak hanya menyenangkan pelanggan Anda membeli juga membangun suara merek Anda.
Bersamaan dengan itu, pahami perilaku pengguna. Jika Anda ingin meningkatkan retensi keseluruhan aplikasi Anda, Anda perlu tahu bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan aplikasi Anda.
Mengapa mereka membuangnya? Siapa pelanggan setia Anda, dan apa yang membuat mereka melanjutkan layanan Anda?
Ketika Anda akan melakukan analisis terperinci tentang proses pengembangan aplikasi Anda, dengan mengingat poin-poin ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang mempertahankan pelanggan Anda.

Proses Pendaftaran Mudah

Mayoritas audiens akan mencopot pemasangan aplikasi Anda dalam satu menit jika mereka merasa proses “pendaftaran” aplikasi Anda lama atau tidak menarik.
Di sisi lain, Nama Penerima, ID Email, dan nomor telepon mungkin tidak cukup untuk beberapa aplikasi; Anda perlu memastikan bahwa semua informasi tambahan dapat diakses dalam jumlah klik sesedikit mungkin.
Selain itu, aplikasi yang memerlukan lebih banyak informasi memiliki opsi untuk mendaftar langsung dari Facebook atau Google, yang mengurangi waktu pengguna dalam menjawab informasi yang diperlukan.

Pengalaman yang ramah pengguna

Beberapa aplikasi menyajikan terlalu banyak opsi di halaman beranda. Di sisi lain, beberapa aplikasi menyediakan sedikit atau tidak ada opsi. Kedua situasi tersebut cukup bagi pengguna untuk mencopot pemasangan aplikasi Anda.
Dikatakan bahwa “ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi,” dengan cara yang sama, “Ketika Anda melayani pelanggan mana pun, berpikirlah seperti pelanggan itu.”

Hindari Terlalu Banyak Iklan

Bayangkan Anda melihat iklan di satu platform, Anda melihat iklan yang sama di platform lain. Iklan yang sama muncul lagi dan lagi, dan Anda tergoda untuk membuka Iklan tersebut.
Sekarang bayangkan situasi di mana Anda melihat terlalu banyak iklan. Anda menjadi frustrasi dan memutuskan untuk tidak pernah kembali ke aplikasi itu.
Tidak dapat disangkal untuk mengatakan bahwa iklan ditempatkan untuk menghasilkan pendapatan karena sebagian besar waktu, pemasangan aplikasi gratis. Tetapi terlalu banyak iklan dapat dikaitkan dengan hilangnya klien potensial.

6 Tips untuk Meningkatkan Tingkat Retensi Aplikasi Seluler

Sajikan konten segar

Anda mungkin akrab dengan konsep utilitas marjinal. Segala sesuatu yang berlebihan mengurangi ketertarikan terhadap benda itu.
Agar pelanggan tetap terlibat dan terus kembali kepada Anda, Anda perlu menyediakan konten baru.
Untuk meningkatkan tingkat keterlibatan di aplikasi Anda, Gunakan pemberitahuan push alih-alih email.

Ini lebih berguna dibandingkan dengan mengirim email sebagai:

  • Pemberitahuan push memiliki lebih banyak visibilitas.
  • Jumlah klik pada email lebih sedikit daripada jumlah prospek melalui pemberitahuan push.
  • Pastikan Pengalaman Pengguna yang Menakjubkan

Anda pikir pelanggan membeli tiket film untuk menonton film, tapi dia juga bisa menonton film di rumah? Lalu mengapa dia menginvestasikan waktu dan sumber dayanya untuk pergi ke bioskop?
Jawabannya adalah dia datang ke teater bukan untuk menonton film tetapi untuk mengalaminya. Dia membayar sejumlah uang untuk merasakan suasana, yang jika tidak, tidak mungkin.
Dengan cara yang sama, pelanggan tidak pernah membeli layanan; dia membeli sebuah pengalaman. Anda perlu menciptakan pengalaman yang mempertahankan pelanggan Anda serta menjadikan mereka sebagai pendukung merek Anda.

Ringkasan

Retensi pengguna bukanlah kata kunci. Ini dikaitkan dengan nilai merek Anda dan terutama berdampak pada pertumbuhan perusahaan Anda.
Anda hanya dapat meningkatkan tingkat retensi aplikasi seluler saat Anda memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa yang menambah nilai bagi kehidupan mereka.
Memahami psikologi pengguna dan mengelompokkannya membantu merancang aplikasi yang disukai semua orang.
Meskipun tidak ada pendekatan solusi satu ukuran untuk semua dalam hal retensi aplikasi seluler, tips yang disebutkan di atas telah dicoba dan diuji oleh banyak pakar dan pembuat aplikasi.
Jadi, apa teknik masuk Anda untuk mempertahankan pengguna dari aplikasi seluler? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.