5 Teknik Untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Kamu

5 Teknik Untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Kamu

5 Teknik Untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Kamu – Seiring waktu, platform digital telah memberi bisnis lebih banyak peluang untuk diperhatikan, berkembang, dan mencapai keberlanjutan yang lebih besar.

Dengan online, perusahaan kini dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, memperluas pangsa pasar mereka, menembus pasar global, dan mencapai tingkat kehadiran yang baik. Namun, karena ruang online menawarkan beberapa peluang bagi bisnis untuk tumbuh dan menjadi lebih menguntungkan, begitu juga dengan ancaman keamanan siber.

Menurut penelitian, beberapa perusahaan di seluruh dunia pernah mengalami satu bentuk serangan siber. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada serangan ransomware, phishing, pelanggaran akses, dan malware tingkat lanjut.

Terlepas dari efek melemahkan ancaman keamanan siber terhadap bisnis, tidak semua pemilik bisnis memahami cara melindungi bisnis mereka dari risiko keamanan atau meningkatkan keamanan online mereka.

Berikut 5 Teknik Untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Kamu

  1. Cari Layanan Ahli

Langkah-langkah keamanan bekerja sedikit seperti asuransi, jadi Anda tidak tahu bahwa Anda membutuhkannya sampai yang terburuk terjadi.

Misalnya, dalam serangan siber, spesialis keamanan siber pihak ketiga Anda mengambil tindakan segera untuk mendiagnosis dan mengelola tindakan pemulihan keamanan yang tepat dengan cepat.

Oleh karena itu, seperti halnya memiliki asuransi, melibatkan para ahli dalam mengelola keamanan jaringan atau cloud Anda akan menyelamatkan Anda dari stres menghadapi serangan yang tidak diketahui dan berpotensi merusak reputasi merek Anda.

Selain itu, layanan keamanan siber dapat mencakup layanan keamanan ofensif berkelanjutan, di mana proses menganalisis dan menghilangkan ancaman siber dilakukan secara otomatis.

Alasan lain untuk mengalihdayakan keamanan siber dan bidang TI lainnya termasuk menghemat waktu dan uang Anda, dan Anda akan memiliki akses ke informasi yang konsisten dan diperbarui tentang operasi TI dan keamanan bisnis Anda.

  1. Bekerja Dengan Layanan Hosting yang Aman

Sebagian besar bisnis online memiliki situs web, meningkatkan peluang keberhasilan. Meskipun cocok untuk situs web agar menarik secara grafis dan estetis, yang lebih penting adalah keamanannya.

Jadi, sebelum memutuskan perusahaan untuk meng-host situs web Anda, tindak lanjuti referensi ulasan dan lakukan riset Anda sendiri. Apa yang Anda cari di penyedia hosting adalah:

  • Server aman
  • Staf yang kompeten
  • Sistem yang andal
  • Rekam jejak yang terbukti

Paket hosting

Pilih paket hosting aman yang akan memberi situs web Anda sertifikat TLS (penerus SSL). Komunikasi antara situs web Anda dan browser pelanggan Anda dienkripsi untuk mencegah peretas melihat apa yang terjadi. Jika Anda memilih paket swalayan, pastikan Anda memiliki teknisi yang dapat Anda percayai dan gunakan layanan seperti Cloudflare untuk keamanan tambahan.

  1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi memberikan akses ke sistem Anda, jadi Anda harus memperhatikannya dan memastikannya cukup kuat untuk mengamankan bisnis Anda.

Kata sandi yang kuat biasanya terdiri dari huruf besar dan kecil yang dikombinasikan dengan angka dan simbol khusus. Kata sandi seperti ini jauh lebih sulit untuk dipecahkan.

Selanjutnya, kata sandi Anda harus unik dan tidak dapat diprediksi. Anda dapat menggunakan sekelompok huruf dan kata yang tidak terkait, tetapi pastikan Anda dapat dengan mudah mengingatnya saat diperlukan.

Semakin rumit kata sandi, semakin aman. Anda tidak boleh membagikan kata sandi Anda atau informasi lain apa pun yang dapat memberikan akses ke bisnis Anda melalui email tanpa mengenkripsinya.

Enkripsi mengubah informasi menjadi kode rahasia yang tidak dapat dipecahkan oleh agen eksternal. Ini mengurangi kemungkinan pencurian karena format yang mereka ubah menjadi aset.

  1. Perbarui Perangkat Lunak Keamanan Anda

Sistem keamanan Anda sama efektifnya dengan kualitas perangkat lunak Anda. Perangkat lunak usang meningkatkan peluang bisnis Anda mengalami serangan siber dan menjadi sasaran para penjahat siber. Namun, memperbarui perangkat lunak Anda secara konsisten ke versi terbaru membantu melindungi bisnis Anda dari risiko keamanan.

Perbarui program keamanan perangkat lunak Anda secara teratur dan program yang diinstal pada komputer dan perangkat digital Anda. Anda dapat membuat proses ini lebih mudah dengan menyetel program perangkat lunak Anda dalam pemutakhiran otomatis sehingga mereka dapat menginstal versi terbarunya sendiri. Dengan cara ini, menjadi lebih sulit bagi pencurian cyber untuk menyusup ke sistem keamanan Anda.

5 Teknik Untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Kamu

  1. Cadangkan Data Bisnis Anda Secara Teratur

Kehilangan data bisnis dan tidak mengambilnya dapat menyebabkan bisnis Anda menderita kerugian yang signifikan. Pencadangan data rutin membantu melindungi aset bisnis penting seperti data Anda.

Sistem cadangan menyimpan data dan memungkinkan Anda memulihkannya. Jika Anda memiliki cadangan data dan file penting yang disimpan, Anda dapat dengan mudah mengambilnya kembali bahkan ketika serangan cyber terjadi, mencegah bisnis Anda menderita kerugian besar.

Saat mencadangkan aset Anda, Anda harus menggunakan beberapa sistem pencadangan. Gunakan sistem cadangan internal dan eksternal. Jika Anda perlu menyimpan beberapa data di luar lokasi, pencadangan eksternal dapat membantu Anda mencapainya . Dengan demikian, data Anda akan aman bahkan jika server jaringan Anda disusupi.

Teknik pencadangan lainnya adalah penyimpanan cloud seperti AWS. Sistem penyimpanan cloud menyimpan file dan dokumen Anda melalui internet, di luar infiltrasi. Awan memungkinkan Anda menyimpan data sebanyak mungkin. Namun, saat mengunggah aset Anda ke cloud, pastikan aset tersebut dienkripsi. Enkripsi membuat informasi Anda lebih aman daripada membiarkannya dalam format mentahnya.

Kesimpulan

Meningkatkan keselamatan dan keamanan bisnis Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda. Perusahaan yang aman dan terjamin akan menyelamatkan Anda dari kerugian yang dapat merusak reputasi Anda, menyebabkan Anda menderita kerugian finansial, dan dalam situasi tertentu, Anda akan dituntut.

Hanya dengan beberapa langkah sederhana seperti yang diuraikan di atas, Anda dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan bisnis Anda dan menjalankan perusahaan yang kebal terhadap serangan dunia maya dan segala bentuk risiko dunia maya.